breaking news New

Ini Loh 3 Minuman Tradisional Khas Mongolia Yang Membuatmu Bahagia

Mongolia adalah salah satu negara di Asia Timur yang diapit oleh dua negara besar yakni Tiongkok di selatan dan Rusia di utara. Berbagai titik di Mongolia menjadi tempat wisata yang alami dan sangat indah, sehingga membuat siapapun jatuh cinta dengan tempat tersebut.

Tidak berhenti disitu, kuliner yang disajikan oleh Mongolia juga sangatlah lezat dan nikmat, dijamin bikin kamu ga mau pulang. Terdapat makanan dan minuman yang cocok di banyak lidah, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi akan rasanya.

Negara ini menawarkan berbagai macam minuman yang menyegarkan dan dapat menghilangkan rasa dahaga. Kamu bisa menikmatinya kapanpun dimanapun, bahkan setelah memakan makanan apapun.

Nah, ini dia 3 minuman tradisional khas Mongolia yang bisa bikin kamu bahagia.

1. Arkhi

Minuman tradisional dari Mongolia yang pertama adalah Arkhi. Minuman ini sangat terlihat berkelas meski dibuat dengan cara yang sangat sederhana. Arkhi juga biasa disebut sebagai Vodka Susu atau Milk Vodka yang dibuat dari fermentasi Tarag atau yoghurt susu sapi. Minuman ini tidak halal bagi kaum muslim karena mengandung 15% hingga 20% alkohol dan sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak dibawah umur ya!

Arkhi biasanya akan diproses di musim panas, namun dapat dinikmati sepanjang tahun baik bersama keluarga, kerabat, ataupun rekan kerja. Minuman ini sangat nikmat untuk dihidangkan ketika maish panas, yakni saat baru saja selesai disuling.

2. Suutei Tsai

Suutei Tsai adalah minuman tradisional khas Mongolia selanjutnya, yang biasa disebut sebagai Mongolian Salty Tea karena memiliki cita rasa gurih yang khas. Minuman ini terbilang cukup sederhana karena menggunakan berbagai macam bahan yang mudah didapatkan, mulai dari susu, ari, garam, dan teh. The yang digunakan bisa teh hitam ataupun teh hijau.

Terkadang Suutei Tsai diberikan tambahan millet, mentega, ataupun rempah rempah sesuai selera. Susu yang digunakan sebagai tambahan juga tidak harus selalu susu sapi, bisa juga menggunakan susu unta, kambing, atau yaks.

3. Chatsarganii Shuus

Hidangan yang satu ini dikenal juga sebagai Sea Buckthorn Juice, yakni jus buah yang paling disukai masyarakat Mongolia. Terkadang, warga sekitar juga biasa menyebutnya “Orange Gold of Mongolia”.

Chatsarganii Shuus adalah minuman yang dibuat dengan merebus buah Sea Buckthorn menggunakan air, lalu dapat langsung diminum sebagai jus atau bisa juga dicampurkan dengan teh. Minuman ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh yakni vitamin C yang 8 kali lebih tinggi dari buah kiwi.


Itu dia minuman khas Mongolia yang sangat menyegarkan dan bisa menghilangkan rasa dahaga kamu. Saat kamu berkunjung kesana, jangan lupa untuk mencicipnya ya!