Inilah Batik Yang Motifnya Dibuat Dengan Tangan, Wajib Tahu!

Seseorang sedang membuat batik menggunakan tangan Seseorang sedang membuat batik menggunakan tangan

Mungkin masih banyak orang belum mengetahui bahwa batik yang motifnya dibuat dengan tangan adalah batik tulis. Batik tulis ini memang dibanderol cukup mahal di pasaran. Pasalnya, batik tulis ini cukup sukar untuk diproduksi. Sebab, satu kain batik tulis ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memproduksinya. Sehingga, harga batik tulis di pasaran terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan batik printing. Tercatat, ada beberapa motif batik tulis yang harus Anda ketahui. Selain itu, ketahui juga apa ciri-ciri dari batik tulis. Sehingga, Anda dapat membedakan antara batik tulis dengan batik printing yang ada di pasaran. Oleh karena itu, Anda harus belajar bagaimana cara membuat batik tulis yang dapat dijual dengan harga mahal.

Penjelasan Singkat tentang Batik Tulis

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat banyak jenis kain batik di Indonesia. Salah satu jenis kain batik tradisional adalah batik tulis. Batik tulis merupakan suatu produksi kain batik yang dibuat secara manual diatas kain.Proses pembuatan kain batik tulis ini memang masih menggunakan tenaga manusia. Batik yang motifnya dibuat dengan tangan ini dirasa lebih indah dan terlihat natural. Maka tak heran jika harga dari kain batik tulis ini dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan kain batik lainnya.

Jenis Batik Berdasarkan dengan Cara Membuatnya

Tercatat, ada berbagai jenis kain batik yang diproduksi di Indonesia. Masing-masing jenis kain batik memiliki ciri dan corak yang berbeda. Tergantung dengan bagaimana teknik pembuatan kain batik tersebut. Oleh karena itu, ini dia jenis batik berdasarkan dengan cara pembuatannya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Batik Tulis, Pertama, batik tulis yang diproduksi secara manual dengan ukiran tangan manusia. Jadi, batik yang motifnya dibuat dengan tangan adalah batik tulis.
  • Batik Cap, Kedua, batik cap yang mana proses pembuatannya lebih simpel dibandingkan dengan batik tulis. Batik cap ini menggunakan alat seperti stempel yang kemudian diletakkan pada kain.
  • Batik printing, Ketiga, batik printing juga menjadi salah satu jenis kain batik yang diminati oleh konsumen. Rata-rata, batik printing ini menjadi bahan untuk membuat baju.

Ciri-Ciri dari Kain Batik Tulis Berkualitas

Memang, kain batik ini terdiri dari berbagai jenis. Salah satu kain batik termahal adalah batik tulis. Batik tulis ini masih dibuat secara tradisional dengan ukiran tangan. Sehingga, harga jual batik tulis di pasaran masih cukup tinggi. Sebagai konsumen, Anda wajib tahu ciri-ciri dari batik yang motifnya dibuat dengan tangan. Ciri yang pertama, motif antara satu bagian tidak sama. Hal tersebut disebabkan karena proses pembuatan batik tulis ini masih secara manual. Sehingga, ketidaksimetrisan tersebut disebabkan karena kesalahan pembatik. Ciri yang kedua, warna dari kain batik tulis memang sangat seimbang. Hal tersebut disebabkan karena pembatik hanya menggunakan satu warna saja. Ciri yang ketiga, ukuran dari kain batik tulis terbilang cukup besar. Umumnya, ukuran dari kain batik tulis ini sekitar 2 meter. Sehingga, harga kain batik tulis sebanding dengan ukurannya. Ciri yang keempat, aroma dari kain batik tulis cukup khas.

Sebab batik yang dibuat dengan manual ini menggunakan bahan lilin. Sehingga, lilin yang dilebur sebagai warna batik ini mengeluarkan aroma khas. Jadi, Anda bisa membedakan manakah kain batik yang diproduksi secara manual dengan baik yang diproduksi dengan teknologi mesin. Perlu Anda ketahui bahwa bahan utama pembuatan batik manual ini adalah lilin yang dipanaskan. Serta canting yang digunakan untuk mengukir motif kain batik. Dan lilin tersebut memiliki aroma khas yang berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi dengan jenis lilin yang digunakan oleh pembatik. Umumnya, cairan lilin yang digunakan untuk membatik ini terbuat dari bahan alami, seperti kulit kayu teger atau daun tom. Jadi, Anda bisa mengetahui apakah kain tersebut dibatik secara manual atau tidak dari aromanya saja.

Batik merupakan salah satu warisan budaya asli Indonesia. Batik juga masih diproduksi secara manual atau yang biasa disebut batik tulis. Jadi, batik yang motifnya dibuat dengan tangan dapat disebut dengan batik tulis.